Rabu, 13 Juni 2012

Merawat dan Mencuci Mobil

Kesibukan adalah salah satu alasan untuk tidak mencuci mobil. Bahkan selalu tertunda untuk mencuci mobil sendiri, akibatnya harus mengeluarkan uang dari saku kita hanya untuk mencuci mobil kita. Dari pada harus mengeluarkan uang untuk mencuci mobil di tempat pencucian mobil, sebaiknya mencuci sendiri. Akan terasa puas dengan hasil cucian kita, walaupun terasa capeknya. Berikut tips mencuci mobil sendiri dirumah :
SIAPKAN :
Sebelum melakukan cuci mobil ada baiknya kita mempersiapkan perlengkapanya :
  1. Ember untuk mencairkan shampoo.
  2. Selang yang terhubung pada keran air.
  3. Sikat ijuk untuk menyikat ban.
  4. Kuas ijuk yang lembut untuk membersihkan lipatan dan sela-sela sempit pada mobil.
  5. Sponge yang berpori besar khusus untuk mencuci mobil.
  6. Kanebo
PENCUCIAN :
Parkir mobil di tempat teduh dan terhindar dari matahari, agar sisa air atau shampoo tidak cepat mengering yang dapat menimbulkan bercak pada lapisan cat. Apabila cat dalam keadaan panas sebaiknya didinginkan terlebih dahulu sebelum dicuci agar cat tidak mudah pudar, beberapa tahapan pencucian :
  1. Keluarkan karpet kaki dari dalam mobil secara hati-hati agar kotoran di karpet tidak tumpah dan menyebar kebagian lain, sebelum karpet dicuci sebaiknya debu dan kotoran dibuang terlebih dahulu.
  2. Siram seluruh body mobil dengan air yang mengalir dari selang, ujung selang agak ditekan agar semprotan lebih kencang sehingga dapat melunturkan debu dan pasir yang menempel pada body mobil dan mulailah dari bagian atas terlebih dahulu, kemudian kap mesin, body mobil terakhir bagian bawah mobil termasuk ban.
  3. Cairkan shampoo (1 tutup botol bisa untuk 4 liter air) dalam ember dengan air dan basahi sponge dengan cairan shampoo, mulailah menyabuni mobil dari bagian atas terlebih dahulu kemudian kaca, kap dan body mobil terakhir ban.
  4. Gunakan kuas untuk membersihkan grill dan celah-celah bamper baik depan maupun belakang hingga bersih. Setelah itu bersihkan kuas dan jemur agar kering agar dapat dipergunakan untuk membersihkan interior.
  5. Membersihkan ban gunakan sikat dan gunakan sponge untuk velk, khusus velk sebaiknya menggunakan pembersih khusus velk, cukup disemprotkan tunggu sebentar dan bilas dengan air mengalir lalu keringkan.
  6. Setelah semua body mobil tersabuni, kemudian bilas dengan air mulai dari atas terlebih dahulu, lalu keringkan dengan KANEBO termasuk celah-celah pintu bagian dalam terutama bagian bawah pintu mobil.

Interior :
1.      Untuk perawatan di dalam kabin, cara membersihkannya cukup sederhana. Semprotkan air hangat yang telah dicampur shampoo mobil, dan gosok dengan kain katun. Setalah itu, gosok lagi dengan kain bersih dan kering.
2.      Jika noda membandel, Anda bisa menggunakan interior cleaner. Lalu, aplikasikan interior protector yang mencegah dashboard menjadi getas.
3.      .Musim hujan juga membuat kabin menjadi lembab. Mengatasinya, bersihkan dahulu kabin mobil. Selanjutnya, semprotkan cairan penetral lembab (odorless), lalu semprotkan pewangi kabin.
4.      Di musim penghujan seperti ini, sebaiknya lepaskan dahulu pewangi kabin yang bersifat permanen (yang menempel di dashboard atau kisi-kisi AC). Bukanya apa, pewangi kabin model ini berpotensi membuat kabin kian lembab.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar