Selasa, 05 Juni 2012

Kiat Untuk Fresh Graduated

Dikalangan para lulusan universitas yang baru lulus atau biasa disebut juga dengan fresh graduated, mendapatkan pekerjaan mungkin menjadi suatu hal yang sangat sulit. Hal ini tidak dapat kita acuhkan karena mungkin ada suatu hal yang kurang kita informasikan terhadap surat lamaran yang kita buat. Saya disini mencoba membagi informasi yang mungkin akan sangat berguna bagi kita semua. Berikut adalah kiat-kiat yang mungkin dapat berguna.

1. kelengkapan data pribadi
                Kita harus melengkapi data diri kepribadian kita secara lengkap sesuai dengan kenyataan yang ada. Program studi yang kita jalankan harus mempunyai sertifikat/ijasah yang sesuai. Keterampilan yang kita dapat juga dapat diinformasikan didalam surat lamaran. Ini bertujuan bagi para perusahaan yang sedang melihat surat lamaran yang kita punya agar dapat dinilai sesuai dengan klasifikasi-klasifikasi yang perusahaan inginkan.
2. kode etik penulisan cv
                Ada beberapa perusahaan yang kurang menyukai jika dalam penulisan cv tidak terstruktur. Buatlah cv anda secara rapid an terstruktur agar dapat mudah dibaca.
3. expected salary
                Berdasarkan pengalaman teman-teman yang cerita kepada saya, mereka baru lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman kerja sudah mematok salary yang cukup tinggi. Jika anda merasa keterampilan yang dimiliki mempunyai  kelebihan dibanding orang lain, mungkin boleh saja meminta lebih dari yang biasa. Tetapi apabila anda memiliki keterampilan yang standar, mungkin sebaiknya anda jangan mematok gaji awal yang terlalu tinggi. Kalau anda sudah memiliki pengalaman, barulah anda bisa menegoisasikan gaji yang cukup tinggi.
4. bidang pekerjaan
                Pilihlah bidang pekerjaan yang anda sukai dan sesuai dengan ilmu yang anda miliki. Karena akan lebih mudah kita bekerja jika ilmu dan bidang pekerjaan sangat berhubungan.

Semoga sedikit kiat ini dapat membantu anda dalam mencari pekerjaan yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar